Kamis, 02 Mei 2013



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran
:
Fiqih
Nama Sekolah
:
MI Al-Rasyid Teluk Pinang
Kelas/Semester
:
II/I
Pertemuan  Ke
:
V (lima)
Alokasi Waktu
:
1 X 10 menit

I.     Standar Kompetensi
:
Mengenal Adzan dan Iqamah
II.  Kompetensi Dasar
:
Menyebutkan Ketentuan Adzan dan Iqamah
III.              Indikator
:
Menjelaskan Pengertian Adzan dan Iqamah
IV.              Tujuan pembelajaran
:
Siswa mampu menjelaskan pengertian adzan dan Iqamah

V.  Matari Pokok
:

Adzan artinya pemberitahuan, yaitu kata-kata seruan tertentu untuk memberitahukan akan masuknya waktu shalat fardhu.
Sedangkan Iqamah dari segi bahasa adalah mendirikan, yaitu kata-kata sebagai tanda bahwa shalat fardhu akan segera dimulai.

VI.             Metode Pembelajaran
:
Tanya jawab
VII.          Karakter Yang Diharapkan
:
-          Disiplin
-          Teliti
-          Jujur
VIII.       Langkah-langkah pembelajaran
:

A.    Kegiatan awal
1.      Menarik perhatian
-          Guru mengucapkan salam dan menunjuk salah seorang siswa untuk memimpin doa.
-          Guru menanyakan kabar siswa (kontak pandang).
-          Guru mengabsen siswa.

2.      Menimbulkan motivasi
-          Menimbulkan rasa ingin tahu
“Memulai pelajaran kita pada hari ini ibu i ngin bertanya kepada anak-anak ibu, apakah ada yang shalat pada Subuh tadi? Coba angkat tangan siapa yan sholat, ibu ingin anak-anak ibu jujur”
“nah mengapa anak ibu ada yang tidak shoalat? Padahakan kita sebagai umat muslim kita diperintahkan untuk mengerjakan shalat 5 waktu karena shalat merupakan tiang agama”{gerak badan dan mimik).
“lain kali besok anak-anak ibu harapkan untuk shoalat ya dan diusahakan tidak bolong-bolong serta tepat waktu”. Adapun materi kita pada hari ini berkatian erat dengan shalat”.
-          Menimbulkan ide y ang bertentangan
“Jika kalian akan melakkan shalat, kalian tentu harus mengetahui apakah waktu shalat telah sampai atau belum kan?”
“Jadi untuk mengetahui apakah waktu shalat itu telah masuk atau belum, tentu ada penandanya, nah untuk pada hari ini kita akan mempelajarai  mengenai Adzan dan Iqamah. (gerak badan dan mimik).

3.      Acuan
Guru menuliskan judul materi “Adzan dan Iqamah” dan tujuan pembelajaran yaitu” siswa mampu menjelaskan pengertian Adzan dan Iqamah”,  dibatasi hanya pada pengertiannya saja.

4.      Kaitan
-          Guru  mengaitkan materi dengan pelajaran minggu lalu
“Minggu lalu kita telah belajar mengenai keserasian antara gerakan dan bacaan shalat Fardhu, nah ibu yakin anak ibu sudah bisa akan? Sebelum kita melakukan shalat Fardhu tentu kita  mengetahu masuknya waktu shalalt yaitu dengan adzan dan diikuti dengan iqamah. (perpindahan posisi)

B.     Kegiatan inti
1.      Eksplorasi
-          Menggali pengetahuan siswa tentang materi yang diajarkan
Guru menampilkan audiovisual mengenai adzan dan iqamah (variasi audiovisual).
“Anak-anak coba perhatikan yang di depan ya! (pemusatan perhatian)
-          Guru bertanya jawab dengan siswa
“setelah kalian melihat yang ibu tampilkan tadi suara apakah itu? Siapa yang tahu? coba angkat tangan! “yang di depan, di belakang, di tengah, di sampibg kiri ibu, di samping kanan ibu, iya coba kamu, silahkan...
“ Ya benar sekali, itu adalah orang yang Adzan dan  Iqamah, sekarang siapa yag tahu apa itu adzan dan iqamah? Ya tepat sekali jawaban nya ya” (pola interaksi)

2.      Elaborasi
-          Guru menjelaskan materi tentang pengertian Adzan dan Iqamah.
“Adzan artinya pemberitahuan, yaitu kata-kata seruan tertentu untuk memberitahukan akan masuknya waktu shalat fardhu.  (kesenyapan) Sedangkan Iqamah dari segi bahasa adalah mendirikan, yaitu kata-kata sebagai tanda bahwa shalat fardhu akan segera dimulai. (gerak badan dan mimik muka)
-          Guru membuat ringkasan materi
·         Adzan artinya pemberitahuan, yaitu seruan untuk memberitahukan masuknya waktu shalat fardhu.
·         Iqamah dari bahasa adalah mendirikan, yaitu sebagai tanda bahwa shalat fardhu akan segera dimulai.
“ anak-anak ibu di catat ya materinya di buku tulis masing-masing” (pemusatan perhatian)
3.      Konfirmasi
-          Guru memberikan penguatan atas jawaban yang diberikan oleh siswa.

C.     Kegiatan akhir
1.      Refleksi
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya
“kepada anak-anak ibu jika ada yang belum dimengerti mengenai materi pada hari ini ibu persilahkan untuk bertanya” (kontak pandang)

2.      Guru menyimpulkan materi pelajaran
“Adapun kesimpulan dari materi kita pada hari ini yaitu, Adzan merupakan pemberitahuan mengenai masuknya waktu shalat Fardhu, sedangkan Iqamah adalah sebagai tanda bahwa akan dimulainya shalat fardhu”.

3.      Evaluasi
Guru memberikan soal mengenai materi yang telah diajarkan.
“Untuk mengetahi sejauh mana pemahaman kakian pada hari ini ibu akan melakukan evaluasi” .

4.      Tindak lanjut
Guru meminta kepada siswa untuk menulis lafadz adzan dan iqamah
“ untuk tugas kalian ibu minta kalian  untuk menuliskan lafadz adzan dan iqamah di buku tugasnya ya, minggu depan di kumpul!”
IX.             Sumber/Alat
:
-          Sumber: Buku paket Fiqih kelas II Semester I
-          Media: AudioVisual Adzan dan Iqamah.
X.                Penilaian
:

-          Bentuk tes : Tes tertulis
-          Teknik Penilaian: tes
-          Instrumen:
Soal
1.      Adzan artinya....
2.      Iqamah berarti.....
Kunci jawaban
1.      Pemberitahuan akan masuknya waktu shalat.
2.      Tanda bahwa shalat fardhu akan segera dilaksanakan.


Teluk Pinang, 10 April 2013
Mengetahui
            Kepala Sekolah                                                           Guru Matapelajaran


Drs. Rusni                                                                            Siti Aisyah












Tugas Individu         

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP)


Di ajukan untuk memenuhi tugas mata kuliah
MICRO TEACHING
Dosen Pengampu     : Drs. ERDI INDRA






 





                                                                              

Di susun oleh :




KELOMPOK V
NAMA                    : SITI AISYAH
NIMKO        : 1209.10.06241
PRODI         :PGMI/B/VI


                                                                             
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI)
AULIAURRASYIDIN
TEMBILAHAN
2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar