RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran
|
:
|
Fiqih
|
Nama Sekolah
|
:
|
MI Al-Rasyid Teluk Pinang
|
Kelas/Semester
|
:
|
II/I
|
Pertemuan Ke
|
:
|
V (lima)
|
Alokasi Waktu
|
:
|
1 X 10 menit
|
I.
Standar
Kompetensi
|
:
|
Mengenal Adzan dan Iqamah
|
II.
Kompetensi
Dasar
|
:
|
Menyebutkan Ketentuan Adzan dan Iqamah
|
III.
Indikator
|
:
|
Menjelaskan Pengertian Adzan dan Iqamah
|
IV.
Tujuan
pembelajaran
|
:
|
Siswa mampu menjelaskan pengertian adzan dan Iqamah
|
V.
Matari Pokok
|
:
|
|
Adzan artinya pemberitahuan, yaitu kata-kata seruan
tertentu untuk memberitahukan akan masuknya waktu shalat fardhu.
Sedangkan Iqamah dari segi bahasa adalah mendirikan,
yaitu kata-kata sebagai tanda bahwa shalat fardhu akan segera dimulai.
|
VI.
Metode Pembelajaran
|
:
|
Tanya jawab
|
VII.
Karakter Yang
Diharapkan
|
:
|
-
Disiplin
-
Teliti
-
Jujur
|
VIII.
Langkah-langkah
pembelajaran
|
:
|
|
A.
Kegiatan awal
1.
Menarik
perhatian
-
Guru
mengucapkan salam dan menunjuk salah seorang siswa untuk memimpin doa.
-
Guru
menanyakan kabar siswa (kontak pandang).
-
Guru
mengabsen siswa.
2.
Menimbulkan
motivasi
-
Menimbulkan
rasa ingin tahu
“Memulai
pelajaran kita pada hari ini ibu i ngin bertanya kepada anak-anak ibu, apakah
ada yang shalat pada Subuh tadi? Coba angkat tangan siapa yan sholat, ibu
ingin anak-anak ibu jujur”
“nah
mengapa anak ibu ada yang tidak shoalat? Padahakan kita sebagai umat muslim
kita diperintahkan untuk mengerjakan shalat 5 waktu karena shalat merupakan
tiang agama”{gerak badan dan mimik).
“lain
kali besok anak-anak ibu harapkan untuk shoalat ya dan diusahakan tidak
bolong-bolong serta tepat waktu”. Adapun materi kita pada hari ini berkatian
erat dengan shalat”.
-
Menimbulkan
ide y ang bertentangan
“Jika
kalian akan melakkan shalat, kalian tentu harus mengetahui apakah waktu
shalat telah sampai atau belum kan?”
“Jadi
untuk mengetahui apakah waktu shalat itu telah masuk atau belum, tentu ada
penandanya, nah untuk pada hari ini kita akan mempelajarai mengenai Adzan dan Iqamah. (gerak
badan dan mimik).
3.
Acuan
Guru
menuliskan judul materi “Adzan dan Iqamah” dan tujuan pembelajaran yaitu”
siswa mampu menjelaskan pengertian Adzan dan Iqamah”, dibatasi hanya pada pengertiannya saja.
4.
Kaitan
-
Guru mengaitkan materi dengan pelajaran minggu
lalu
“Minggu
lalu kita telah belajar mengenai keserasian antara gerakan dan bacaan shalat
Fardhu, nah ibu yakin anak ibu sudah bisa akan? Sebelum kita melakukan shalat
Fardhu tentu kita mengetahu masuknya
waktu shalalt yaitu dengan adzan dan diikuti dengan iqamah. (perpindahan
posisi)
B.
Kegiatan inti
1.
Eksplorasi
-
Menggali pengetahuan
siswa tentang materi yang diajarkan
Guru
menampilkan audiovisual mengenai adzan dan iqamah (variasi audiovisual).
“Anak-anak
coba perhatikan yang di depan ya! (pemusatan perhatian)
-
Guru bertanya
jawab dengan siswa
“setelah
kalian melihat yang ibu tampilkan tadi suara apakah itu? Siapa yang tahu?
coba angkat tangan! “yang di depan, di belakang, di tengah, di sampibg kiri
ibu, di samping kanan ibu, iya coba kamu, silahkan...
“
Ya benar sekali, itu adalah orang yang Adzan dan Iqamah, sekarang siapa yag tahu apa itu
adzan dan iqamah? Ya tepat sekali jawaban nya ya” (pola interaksi)
2.
Elaborasi
-
Guru
menjelaskan materi tentang pengertian Adzan dan Iqamah.
“Adzan
artinya pemberitahuan, yaitu kata-kata seruan tertentu untuk memberitahukan
akan masuknya waktu shalat fardhu. (kesenyapan)
Sedangkan Iqamah dari segi bahasa adalah mendirikan, yaitu kata-kata
sebagai tanda bahwa shalat fardhu akan segera dimulai. (gerak badan dan
mimik muka)
-
Guru membuat
ringkasan materi
·
Adzan artinya
pemberitahuan, yaitu seruan untuk memberitahukan masuknya waktu shalat
fardhu.
·
Iqamah dari
bahasa adalah mendirikan, yaitu sebagai tanda bahwa shalat fardhu akan segera
dimulai.
“
anak-anak ibu di catat ya materinya di buku tulis masing-masing” (pemusatan
perhatian)
3.
Konfirmasi
-
Guru
memberikan penguatan atas jawaban yang diberikan oleh siswa.
C.
Kegiatan
akhir
1.
Refleksi
Guru
memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya
“kepada
anak-anak ibu jika ada yang belum dimengerti mengenai materi pada hari ini
ibu persilahkan untuk bertanya” (kontak pandang)
2.
Guru
menyimpulkan materi pelajaran
“Adapun
kesimpulan dari materi kita pada hari ini yaitu, Adzan merupakan
pemberitahuan mengenai masuknya waktu shalat Fardhu, sedangkan Iqamah adalah
sebagai tanda bahwa akan dimulainya shalat fardhu”.
3.
Evaluasi
Guru
memberikan soal mengenai materi yang telah diajarkan.
“Untuk
mengetahi sejauh mana pemahaman kakian pada hari ini ibu akan melakukan
evaluasi” .
4.
Tindak lanjut
Guru
meminta kepada siswa untuk menulis lafadz adzan dan iqamah
“
untuk tugas kalian ibu minta kalian
untuk menuliskan lafadz adzan dan iqamah di buku tugasnya ya, minggu
depan di kumpul!”
|
||
IX.
Sumber/Alat
|
:
|
-
Sumber: Buku
paket Fiqih kelas II Semester I
-
Media:
AudioVisual Adzan dan Iqamah.
|
X.
Penilaian
|
:
|
|
-
Bentuk tes :
Tes tertulis
-
Teknik
Penilaian: tes
-
Instrumen:
Soal
1.
Adzan
artinya....
2.
Iqamah
berarti.....
Kunci
jawaban
1.
Pemberitahuan
akan masuknya waktu shalat.
2.
Tanda bahwa
shalat fardhu akan segera dilaksanakan.
|
Teluk Pinang, 10 April 2013
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Matapelajaran
Drs. Rusni Siti
Aisyah
Tugas Individu
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Di ajukan untuk memenuhi tugas mata kuliah
MICRO TEACHING
Dosen Pengampu : Drs. ERDI INDRA
![]() |
Di susun oleh :
KELOMPOK V
NAMA : SITI AISYAH
NIMKO :
1209.10.06241
PRODI :PGMI/B/VI
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI)
AULIAURRASYIDIN
TEMBILAHAN

Tidak ada komentar:
Posting Komentar